Langsung ke konten utama

PUJIAN ADALAH BENCANA



Pujian sesungguhnya adalah musibah besar bagi mentalitas. Di satu sisi pujian adalah hal yang baik ketika kita menjadi  subjeknya dalam artian kita yang memuji sesuatu atau seseorang sebagaimana adanya bahkan orang yang berjiwa besar selalu melontarkan pujian terhadap orang lain ketika orang lain tersebut pantas untuk dipuji namun sebaliknya bahwa pujian yang menjadi musibah itu ketika kita menjadi objeknya dalam artian bahwa kita yang dipuji maka tunggulah bahwa pujian itu akan membawa dampak yang amat buruk ketika kita terlena dengan pujian tersebut.
Begitu banyak contoh ketika seseorang berada dipuncak popularitas dan bergelimang pujian yang pada akhirnya terlena sehingga mentalitasnya menjadi lembek dan karakter ingin dipuji. Lihat saja artis yang dipuja-puja disetiap pelosok desa akhirnya masuk dalam jurang kehancuran, ada yang terseret narkoba, video porno bahkan berbagai kehancuran yang mengiringi dirinya ketika mereka sudah merasa diatas angin dan tidak lagi menginjak bumi. Tuhanlah yang tahu segalanya dan begitu gampangnya Dia menggelincirkan kita ketika kita sombong.
Diatas saya mengatakan baihwa pujian dari orang lain itu adalah musibah besar apatahlagi kalau diri kita sendiri yang memuji diri sendiri, haha. Ini musibah yang sesungguhnya dan pada level tertentu akan menjadi paham narsisme. Lihatlah Fir’aun yang diliputi perasaan seperti itu dan mengganggap dirinya sebagai tuhan, benar-benar akan menghancurkan diri sendiri. Di tingkatan Negara, beberapa decade silam, ada Adolf Hitler yang terkena sydrom ini dan menganggap rasnya paling suci sehingga semua ras diluar rasnya ingin dimusnahkan.
Dalam beberapa kasus, pujian yang dialamatkan kepada kita akan membuat kita angkuh, sombong, riya atau sifat yang mengagung-agungkan diri dari yang lain. Perasaan seperti itu kadang muncul tanpa disengaja bahkan ketika kita selalu berusaha menghalaunya. Misalnya saja karena kehendak Allah SWT, kita diterima di universitas Harvard.  Saat kebetulan bertemu dengan teman yang juga mendaftar namun tidak lulus lalu kemudian memuji kita setinggi langit. Mungkin saja pada saat itu keluar dari mulut kita bahwa biasa saja dan ini karena Allah namun kadang muncul dalam hati bahwa memang saya lebih pintar apatahlagi ketika dia mulai menanyakan tips kenapa kita bisa lulus maka dengan semangat 45 kita menjelaskan ini itu, begini begitu lalu diakhiri dengan kalimat yang bijak namun harus diakui bahwa ketika kita sudah kelihatan menceramahi dengan langkah-langkah yang kita lakukan maka dari situ setan mulai mendapat cela untuk menyisipkan perasaan sombong ataupun ujub ke dalam hati kita tanpa kita sadari karena memang perasaan seperti itu amat sangat halus. Seringkali kita katakan bahwa jangan anggap tips saya ini sebagai pernyataan sombong namun ketika sudah kita berkata seperti itu maka itulah titik-titik dari kesombongan, lebih bijak ketika kita memilih untuk tetap menunduk dan rendah hati kemudian memperbaiki diri sambil tetap mengembangkan potensi yang kita miliki. Kita memang sekali-kali butuh pujian namun hati-hati terhadap pujian karena seringkali menghancurkan. 
Aku masih ingat ceramah AA gym yang kudengar kemarin dari youtube. Saat itu AA gym berceramah di kanada dan di salah satu cemarahnya kepada para mahasiswa dan masyarakat Indonesia di kanada bahwa ketika pulang ke Indonesia, tidak perlu merasa sombong toh kita juga adalah orang Indonesia dan julukan luar negeri kan disematkan oleh orang Indonesia ketika kita di sini maka kita bukan siapas-siapa.
Anti tesa dari pujian adalah kritik. Kita seringkali menghindari kritik namun pada dasarnya kritik itulah yang akan menjadikan kita lebih dewasa karena kritik tersebut akan menelanjangi kekurangan kita dan dengan begitu kita akan lebih mudah mengenal kekurangan kita kemudian memperbaikinya.
Inti dari tulisan ini adalah bahwa pujian itu menutupi kekurangan kita dan akan sulit bagi kita untuk mengetahui dan memperbaiki kekurangan kemudian kritik senantiasa mengajarkan kita kekurangan-kekurangan kita yang pada akhirnya kita dengan mudah memperbaikinya.
Poin yang kedua tentang pujian adalah, sebagai pribadi yang sering berinteraksi dengan teman-teman maka berikanlah pujian kepada mereka sebagaimana adanya namun jangan lupa mengkritik ketika mereka salah dan pada akhirnya ketika kita memperoleh anugerah lalu dipuji maka coba untuk tetap menahan diri dan rendah hati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUPPLY DALAM PELAYANAN KESEHATAN

Di semester 7 ini, saya mendapat tugas kuliah yang spesial, benar-benar susah untuk mencari referensinya. Semua buku referensi berbahasa Inggris dan harus benar-benar dimengerti terlebih dahulu. Tugas tersebut pada mata kuliah Ekonomi Kesehatan. Alhamdulillah setelah berusaha mencari di berbagai sumber, kelompok saya bisa menyelesaikan tugas tersebut meski tidak sampai 15 hal (padahal makalah). Namun bagi saya, tidak masalah berapa jumlah halaman, yang penting isinya dapat dimengerti oleh pembaca. Sengaja sedikit saya share isi tugas saya di sini, semoga bisa menambah referensi pembaca yang kesulitan mencari bahan supply pelayanan kesehatan. Special Thanks to Ibu Thinni sebagai dosen pembimbing mata kuliah ini, teman-teman 1 kelompok Ekokes.. Zahwa, Riznha, Suloy, Arif, Nana, Ncep, Galih, Hari, dan Anggi :D Supply dalam pelayanan kesehatan adalah penyediaan pelayanan kesehatan yang disampaikan kepada individu oleh kombinasi tenaga pelayanan kesehatan (seperti dokter, perawat, tekn

Hikmah Film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Malam itu aku bersama sahabatku, Rahma menonton suatu film yang diangkat dari novel karangan Buya Hamka. Sebenarnya aku tidak terlalu penasaran dengan film tersebut, namun aku hanya ingin melepas penat setelah lelah dengan rutinitas sehari-hari. Cukup banyak hikmah dari film itu yang membuatku ingin menuliskannya di sini. Cinta.. cinta takkan membuat dirimu menjadi lemah, karena cinta akan menguatkan hatimu.. Mampu membuatmu berjuang menjadi lebih baik. Dengarlah.. Berikan kesempatan kepada orang yang kau sayangi, kau cintai.. Biarkan dia bicara, dengarkanlah dengan hati. Meskipun dalam hatimu dipenuhi amarah dan dendam padanya. Karena di lain waktu engkau akan sangat menyesal telah meninggalkannya. Janganlah kamu menyimpan dendam dan amarah dalam hatimu. Karena sesungguhnya kebahagiaan itu ada di dalam hati. Walau kau tampak kaya, bahagia di luar tapi apabila hatimu gersang itu hanyalah ilusi. Kau tetaplah menderita. Harta dan kecantikan takkan menjamin hidupmu bahagia. Perbed

Resensi Buku Cerita dalam Keheningan

Judul         : Cerita dalam Keheningan Penulis     : Zara Zettira ZR Penerbit     : Esensi, Erlangga Group "In silence, there is a story of miracles. In silence, you will find many things you won't find in searching..." “...saat inilah yang kita miliki karena kemarin bukan lagi milik kita dan hari esok belum tentu kita jumpai.” Saya bukan orang yang terlalu suka membaca novel yang agak berat. Dulu bacaan saya hanyalah teenlit dan sejenisnya. Maka saya tidak mengenal siapa itu Zara Zettira ZR. Kali ini saya berkesempatan untuk membaca salah satu karyanya yang best seller lewat buku yang berjudul Cerita dalam Keheningan. Sebuah buku yang mengangkat kisah nyata tentang perjalanan hidup penulis sendiri. Zaira Ramadhani, seorang gadis yang lahir dari keluarga kaya raya dan terhormat. Dia tinggal di sebuah paviliun mewah bersama keluarga besarnya, keluarga petinggi partai politik yang juga seorang pebisnis, keluarga yang terdiri dari berbagai ras, suku, buday